Monday, January 12, 2009

Musim Hujan Sudah Tiba

Musim hujan sudah tiba, ini berarti motor kita akan cenderung lebih sering terkena air bercampur tanah, dan tentunya endapan tersebut akan mempercepat laju karat/ korosi pada bagian-bagian motor sekitar swing arm, chasis dan monocross shock breaker karena pada bagian tersebut terdapat banyak celah dimana air dan endapan tanah akan mudah masuk dan susah dibersihkan.
Berikut beberapa tips untuk mencegah korosi pada bagian-bagian tersebut.

1. Tutuplah ujung pipa chasis disebelah kanan dan kiri mono shock yang terbuka, dengan plastic cover yang dapat diperoleh di toko meubel, atau kalau tidak ada bisa ditutup dengan water proof scoth light



2. Tutup celah dudukan mono shock dengan silicon sealant ( lem aquarium), pastikan bagian yang disealant telah bersih dan benar benar kering
Silicon sealant ini akan mencegah terjadinya karat celah (Hydrogen impingement corrosion)



3. Pasang karet untuk penutup mono shock yang rekatkan dengan rubber glue pada spakbor . hal ini bertujuan untuk mengurangi cipratan kotoran dari roda belakang agar tidak mengenai monoshock dan dudukannya.



4. Semprotlah motor bagian bawah dan bagian2 yang terkena endapan tanah dengan air bersih segera setelah motor digunakan saat hujan, untuk bagian yang lain bisa dibersihkan/ dicuci keesokan harinya atau bila sempat.

5. Pasang penutup radiator ( dapat dibeli di toko accessories), dan tambahkan aluminium screen dengan ukuran lubang lebih kecil dan dibautkan pada kupingan penutup radiator ( Biasanya penutup radiator yang ada dipasaran mempunyai ukuran lubang yang cukup besar)

2 komentar:

Rie21 January 13, 2009 at 3:12 PM  

Tips nya bagus Mas Ibnu. Pasti foto motor sendiri ya waktu bikin post. Mantab!

Pia Torokossik May 10, 2009 at 7:59 PM  

Wah...informasinya sangat membantu..
Keren..keren...

Link exchange kawan..
Boleh ka?

Post a Comment

Buat Pesan

Text

  ©Template by Dicas Blogger.