Monday, January 5, 2009

Gua, Motor Gua, dan Cewek di sekeliling Gua

Oleh: Aditya Mulya
Pengarang "Jomblo" & Redaktur Kepala "Cosmo Men"

Begitu baca nich cerita, sumpah gue langsung nyengir terus,,,!!
nich cerita udah lama banget gue tau, dan ngga' au dari mana asalnya.
Selamat Membaca.




Jaman kuliah dulu, gue naik motor. Setidaknya di ITB, motor adalah faktor yang menseparasi pria dari...uhm...pria lain. Intinya, setidaknya, tahun 96, cowok yang punya motor di ITB (lumayan) jadi dambaan wanita.

Sayangnya yang kerap menjadi dambaan adalah motornya karena motor ini menjadi alat bagi cewek-cewek ITB untuk nebeng dan minta anter. Pemilik motornya sendiri tetap tidak mengalami perbaikan kasta atau nasib dalam asmara.

Singkatnya, kita-kita di Sipil 96 yang punya motor sering diminta cewek-cewek untuk anter mereka. dan berhubung cewek Sipil hanya 20 dari 160 populasi, jelas segala permintaan mereka kita penuhi.javascript:void(0)
Terbitkan Entri

"Dit, gue nebeng!"
"Oke!"
Di mana kata nebeng itu tertukar dengan wording 'minta anter' karena definisi nebeng adalah sejalan arah kos gue DAN BUKAN nun jauh di pinggiran Bandung.

"Dit, anterin gue ke rumah sakit!"
"Beres!"
Meski pun penyakitnya menular dan seperti dia, gue juga ikutan meriang 3 hari.

"Dit, jemput ade gue di SMP!"
"Jam berapa?"
Di mana sesampainya di SMP itu, gue baru nyadar kalo gue belum tahu tampang itu
anak kayak gimana.

But all in all, kita sayang sama cewek-cewek sipil ini dan tidak pernah ada kata tidak untuk melayani mereka. Tapi tetep aja entah kenapa gue selalu kena kasus. berikut adalah kasus-kasus yang paling parah yang gue pernah alami.

> Dengan WIWIN

Kita sebut saja namanya Wiwin karena kalo sampe ketauan nama aslinya dalam blog ini, riwayat gua bisa tamat. Wiwin adalah wanita berkacamata tebal dengan otak yang lebih tebal lagi. IPK-nya terancam 4. Wiwin adalah juga atlet yang tergabung dalam Pelatda voli JABAR. Dia punya tangan yang cukup kuat untuk serve voli...dan kalo nampar cowok, itu cowok bisa melintir.

Gua suka boncengin dia pulang karena dengan begini gue bisa nodongin dia dengan, "Eh Win, Adit sekalian fotokopi catetan Wiwin yah."
Wiwin secara reluktan mengiyakannya dengan syarat, dalam proses fotokopi itu, dia ikut sama gue nongkrongin tukang fotokopian dan sang catetan selalu ada dalam jarak pandang dia.
Ini adalah hikmah dari pengalaman buruk di mana catetan dia dipinjem gak jelas berpindah seribu tangan dan saking putus asa nyari, dia harus belajar dari fotokopian catetan dia sendiri.

Bagi gue, berdiri samping-sampingan dengan Wiwin di toko fotokopian adalah situasi yang awkward. Gimana gak awkward? Apa sih topik yang bisa lu omongin sama cewek, kalo di depan lo ada orang minang keringetan gak pake baju megang-megang mesin fotokopian?

Anyways di suatu hari yang windy (faktor angin memegang peranan penting dalam plot cerita ini) gua nganter Wiwin pulang. Karena banyak angin, suara yang keluar dari mulut gua selalu terbawa angin.
"Win gue motokopi catetan ya!"
"Apa?"
"Gue minjem catetan lo!"
"Hah?"
"GUA MINJEM CATETAN LOOOO!!"
"ADUH NGOMONG YANG JELAS KEK!"
Halah! Emang sih gue kan ngomong sambil merhatiin jalan jadi mulut gue ke depan dan gak ke muka dia yang di leher gue. Akhirnya gua balik badan dan bilang lagi. Sayangnya, entah kenapa gua lagi memproduksi banyak air liur di saat itu. Sayangnya lagi, ini terjadi di saat angin bertiup kencang. Sooooo.. gue balik badan, buka mulut lebar-lebar dan..
"GUE MINJE..PLUEEHHH....."

Crooott..

Angin mengantarkan saliva gue ke kacamata Wiwin. Itu gak terlalu Wiwin masalahin karena SEBAGIAN BESAR liurnya kena ke sisa muka yang kacamata gak bisa cover.

She never spoke ever since.


>Dengan TITIN

Lagi-lagi nama samaran. Titin ini rada ganjen. Kalo ke kondangan dia selalu nyalon. Entah kesamber jin apa, suatu hari dia minta anter gue ke salon dan langsung ke kondangan setelah dari salon. Biar efisien, tuturnya.

Ya sudah gue turuti itu kemauan. Setelah berkarat nungguin di salon, dia muncul dengan sanggul yang indah menawan. gua rasa kalo orang lempar jeruk ke sanggul itu, bisa nyangkut.
"Gimana, cakep gak?"
"Mirip Roro Kidul, Tin."
"Monyet. Udah buruan ke resepsi! Yang cepet ya!"
Gue udah kek budak aja. Di sini terjadi sesuatu yang Titin gak pernah maafin gua sampe sekarang, meski kalo gue bilang, itu salah dia.
Dia kos di daerah simpang (bandung utara).
Nyalonnya di simpang.
Undangannya di gedung kartini (bandung selatan).
Dan dia minta cepet.

Ya udah, gue ngebut dong!
Sayangnya ini berbuntut di mana kita pergi dengan Titin tampak seperti Finalis Putri Indonesia dan sampai di resepsi terlihat seperti Singa.

"ADUH RAMBUT GUE! ELU SIH DIT!"
"Makanya gua bilang PAKE helm!"
"Gue kira kalo helm, sanggulnya rusak, jadi jelek!."
"Gak pake helm jadi singa. Tuh."
"Benci gue sama elu! Benci! Benciiiiiiiiiiiiiiii!!"


> Dengan MIMIN

Untuk, lagi, alasan keselamatan, gua gak akan mereveal nama dia. Suatu hari gue sekelompok sama dia dan kita harus ngerjain paper nih ceritanya. Singkat cerita, anggota lain pada egois dan gak kerja. Cuman gue dan Mimin aja yang ngerjain di rumah dia di bilangan kuburan Ciputra. Paper selesai dan 10 menit lagi kuliah paper itu dikumpulin.
"DIT! AYO KITA CEPETAN!"
"AYO!"
"NGEBUT YA!"
"LU PEGANGAN MA GUE!"
"NAJIS!" (Cewek-cewek Sipil ini selalu teguh menjaga iman mereka).

Adalah kebiasaan mereka untuk memegang handle di belakang ketimbang melingkarkan tangannya di supir. Tapi yo wis, gue juga gak keberatan. Pasaran gue juga bisa turun. Akhirnya gue ngebut! Tapi tertahan di lampu merah kuburan. Percakapan di bawah terjadi dengan mata gue liat ke depan dan hanya denger suara dia.
"Min, kita harus bener-bener ngebut nih. tau sendiri Bandung. Sekali kena merah, sampe 5 lampu ke depan kena merah juga."
"Ya udah ngebut! Eh bentar, tas gue jatoh."
"Udah Min?"
"Bentar."
"Ijo Min!"
"Nah, ..."
"OKE!"

Gue langsung kebut itu motor!
Gue salip semua mobil di pasar suci!
Gue ngesot di tikungan telkom!!
Gue jemping depan UNPAD!
Gue terabas lampu merah simpang dago!!
Gue turun kek orang gila sepanjang dago!!
Gue ampir nabrak kuda di ganesa!
Akhirnya masuk juga parkiran Sipil.

Abis ngerem, gue bilang,
"Gimana motoran sama James Bond? Min? Min?"
Gue ngeliat ke belakang dan Mimin lenyap.

Keesokan harinya, di Rumah Sakit Boromeus...
"Gue gak ngerti Min.."
"Lu gak ngerti bagian mana dit? Bagian yang elu ngajleng dengan gue baru
setengah pantat? Ato bagian gue ngegelinding di perapatan jalan?" tukasnya
jutek dengan tangan yang retak.

"Tapi kan gue udah bilang ijo! dan lu udah bilang 'NAH'!'
"NAH itu maksud gue baru mau duduk lagi."
"Tapi kan!"
"Sudah lah! Gue bingung manusia kek lo bisa masuk ITB."
Wah, kecerdasan dia bawa-bawa. Padahal kalo mau cerdas dikit, dia harusnya megang gue.

Itulah sekelumit cerita gue, motor gue, dan wanita-wanita yang ngegelinding karena motor itu. Yang jelas sejak itu demand menurun drastis. Imbasnya adalah bahwa Oyep, temen gue, menjadi idola ke 20 anak itu untuk dianter ke mana-mana. Berkorelasi dengan itu, IPK gue menurun dan IPK Oyep naik secara fantastis. Oh nasib..

Read more...

Service Excellence To Insan Mandiri

Service Excellence To Insan Mandiri

I. SERVICE EXCELLENCE
Service secara umum adalah pelayanan, sedangkan excellence adalah sempurna, jadi service excellence adalah melayani dengan sempurna. Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia telah berhasil memperoleh penghargaan The Best Bank dalam Service Excellence Award versi MRI (Marketing Research Indonesia) dan Majalah Infobank bulan Mei lalu. Dalam Bank Mandiri sendiri ada jargon yang sering disebut “Melayani Dengan Hati Menuju yang Terbaik“. Pertanyaannya berikutnya adalah, siapa yang melayani dan bagaimana melayani dengan sempurna?. Service Excellence bukan hanya peningkatan pelayanan dalam teller saja contohnya, namun harus dalam semua aspek. Dalam tubuh Bank Mandiri sendiri pelayanan bukan hanya diberikan dalam kegiatan operasional saja, namun juga dalam kegiatan non operasional. Contohnya karyawan yang bekerja di back office, dalam hal ini semua karyawan Bank Mandiri. Yang mempunyai tujuan memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah dan perusahaan. Kegiatan yang dilakukan oleh karyawan tersebut adalah mengelola data nasabah, permintaan nasabah, sampai komplain nasabah. Bagaimana karyawan dapat memberikan service excellence dalam pekerjaan sehari hari.Salah satunya karyawan back office bekerja untuk perusahaan dan juga melayani untuk nasabah Bank Mandiri. Jadi apapun divisi dalam perusahaan ( Bank Mandiri ) service excellence dalam bekerja sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan nasabah bank mandiri kepada perusahaan ( Bank Mandiri ) . Contonya saja, Divisi CFA di Bank Mandiri. Apa hubungan divisi CFA dengan service excellence kepada nasabah? Sebagai sebuah divisi, CFA bertugas menangani nasabah pemegang kartu kredit Mandiri. Seluruh kegiatan transaksi nasabah biasa ataupun program diolah dari bentuk data mentah yang diorder sampai data jadi yang siap diolah kembali ke divisi lain hingga sampai ke nasabah dengan baik. Jadi agar dapat mencapai service excellence, semua tergantung dari ketelitian, kecepatan, dan tanggap akan semua data yang diolah. Orientasi kerja divisi ini, mulai dari data mentah hingga data jadi semua harus ditujukan untuk mencapai kepuasan nasabah atas apa yang mereka butuhkan dari Bank Mandiri.
II. EXCELLENCE DALAM 10 PRILAKU UTAMA BANK MANDIRI.
Excellence dalam 10 perilaku utama Bank Mandiri diantaranya adalah orientasi pada nilai tambah dan perbaikan terus menerus serta peduli lingkungan. Demikian Excellence yang dimaksud dalam perusahan (Bank Mandiri) yang terdapat di 10 Perilaku Utama Insan Bank Mandiri, butir ke- 9 dan 10, yang sering dibacakan di setiap meeting pagi bersama karyawan. Namun sudah cukup Excellence-kah kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, dan menerapkan butir 9 dan 10 dari 10 prilaku utama di Bank Mandiri. Marilah kita coba singkap lebih lanjut maksud dari service excellence untuk perusahaan dan nasabah.
A. Orientasi Pada Nilai Tambah dan Perbaikan Terus Menerus
a. Orientasi Pada Nilai Tambah
Dalam orientasi ini, pertanyaan pertama adalah “Apa Tujuan Kita Bekerja ?”. Alasan utama kita bekerja adalah untuk keluarga atau diri sendiri. Namun setelah semua kebutuhan pribadi terpenuhi, alasan berikutnya adalah untuk mengaktualisasikan diri. Bekerja untuk kepentingan perusahaan, adalah bentuk aktualisasi diri setiap karyawan untuk memperoleh pengakuan dalam sebuah organisasi. Setiap karyawan harus berorientasi dan fokus pada pekerjaan masing-masing, baik pelayanan front office ataupun back office. Orientasi pada nilai tambah yang dimaksud antara lain adalah dengan memberikan seluruh kemampuan dan kreativitas untuk mencapai nilai tambah dalam melaksanakan pekerjaan. Contohnya dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tanggap dan selalu berusaha memberikan hasil terbaik dalam bekerja. Dengan begitu nilai tambah ada pada diri masing-masing, tidak perlu pujian, kepuasan dalam menyelesaikan tugas dengan baik suatu adalah nilai diri sendiri.kita sendiri.
b. Perbaikan Terus menerus.
Kadang apa yang dikerjakan bukan merupakan hasil terbaik menurut orang lain, wajar memang, itu berarti sebuah penilaian yang objektif Namun apakah tetap akan terus menerus melakukan hal-hal yang salah akan suatu pekerjaan , dikarenakan pekerjaan yang selama ini dilakukan sudah berorientasi pada nilai tambah . “Perbaikan terus Menerus”, kata sambungan ini tepat sekali untuk dilakukan agar tetap “Service Excellent” dalam melakukan pekerjaan, baik itu kepada perusahaan ataupun nasabah yang sedang dijalani prosesnya,berikut beberapa perbaikan yang harus dilakukan :
1. Kroscek apa yang sekiranya salah, tidak tepat, dan kurang jelas pada pekerjaan yang kita lakukan.
2. Tanyakan kepada orang-orang yang menegerti akan bidang kerja tersebut.
3. Cari titik temu antara kesalahan yang kita temukan dan kesalahan yang orang lain temukan pada pekerjaan tersebut
4. Apabila kesalahan tsb ada pada kita, berjiwa besarlah untuk mengatakan maaf, dan memperbaikinya.
5. Ikuti tuntunan cara memperbaiki kesalahan kerja yang sudah disepakati.
Begitulah antara lain perbaikan terus menerus yang pastinya akan ada case by case dalam pekerjaan yang selalu dihadapi setiap hari.
B. Peduli Lingkungan
Hal kecil namun besar dampaknya bagi semua. Darimanakah memulai untuk dapat peduli lingkungan?,diri sendiri,teman atau hanya tugas OB? Yup..semua setuju , dari diri sendiri. Sebagai karyawan, semua bekerja didalam suatu lingkungan . Rasa nyaman,aman dan bersih merupakan tugas bersama .Semua akan memualinya “Dari Kita Untuk Kita”.kata yang cocok untuk mulai peduli terhadap lingkungan kerja. Contohnya: pada saat meeting pagi,di divisi Card finance accunting Bpk. Agus Subekti sering membahas mengenai kebersihan Pantry.Yang jadi pertanyaan, apakah pantry merupakan baguab dari tempat kerja kita? Yup..betul juga, bukan! namun merupakan bagian dari lingkungan kerja. Mengapa Bpk,Agus membahas hal tsb, itu karena beliau Peduli Lingkungan, bagaimana dengan kita? Apakah sudah Peduli akan lingkungan kerja ?
Dalam bekerja juga perlu adanya Pantry guna memasok segala kebutuhan utama ( makan, minum ). Oleh karena itu contoh kecil tsb layaklah sebagai cerminan kedisiplinan dari hal kecil sampai hal besar nantinya.
Begitu juga lingkungan tempat bekerja secara keseluruhan,Namun upaya kebersihan, lingkungan memang sudah dilakukan oleh Perusahaan ( Bank Mandiri ), dengan bersihnya lingkungan Perkantoran, hijaunya lingkungan perkantoran , layaklah terus pertahankan oleh seluruh karyawan ( Bank Mandiri ).
Maka itu hendaklah service excellence di tanamkan dalam diri masing-masing, karena dengan mengerti maksud dari service excellence , bukan hanya diterapkan dalam kegiatan pekerjaan saja, namun banyak sekali manfaatnya untuk sosialisasi di lingkungan luar, ataupun pribadi..Bapak Agus Martowardojo telah mencanangkan bahwa Bank Mandiri harus menjadi THE SERVICE LEGEND. Nah untuk menjadi Legenda Service Excellence perbankan Indonesia, Mandiri harus mempertahankan juara I Service Excellence MRI 5 tahun berturut turut.dan seluruh nasabah perbankan Indonesia mengakui bahwa Mandiri sebagai Bank dengan Service terbaik negeri ini. ( kutipan dari Majalah Mandiri,edisi 235,tahun IX 5 Mei 2008).

Penulis,
Radiyatam Mardiyah

Read more...

Analisis Kimia dan Fisika tentang KENTUT

1. Darimana asal kentut?

Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri dalam perut.

2. Apa komposisi kentut?

Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

3. Kenapa kentut berbau busuk?

Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

4. Apa komposisi kentut?

Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

5. Kenapa kentut menimbulkan bunyi?

Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas.

6. Kenapa kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara?

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya,tapi SBD (Silent But Deadly).

7. Berapa banyak kentut diproduksi sehari?

Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

8. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur?

Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

9. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk melakukan perjalanan ke hidung orang lain?

Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin,berat molekul gas kentut, jarak antara 'transmitter' dengan 'receiver'. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap dinding.

10. Apakah setiap orang kentut?

Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah meninggalpun orang masih bisa kentut.

11. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada perempuan?

Tidak ada kaitannya dengan gender. Kalau benar, berarti perempuan menahan

kentutnya, dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan.

12. Saat apa biasanya orang kentut?

Pagi hari di toilet. yang disebut "morning thunder". Kalau resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.

13. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak kentut?

Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Gula tersebut (raffinose, stachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak kentut (bukan baunya!).

14. Selain makanan, apa saja penyebab kentut?

Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah, sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi dan muncul sebagai kentut).

15. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang?

Tidak... sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.

16. Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak dikeluarkan?

Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor.. Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap,tapi hanya mengalami penundaan.

17. Mungkinkah kentut terbakar?

Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyala-nya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.

18. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut?

Jangan mengada-ada... konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

19. Mengapa kentut anjing dan kucing lebih busuk?

Karena anjing dan kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau.

20. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut-turut?

Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.

21. Apakah warna kentut?

Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, akan ketahuan siapa yang kentut.

22. Kentut itu apakah asam, basa atau netral?

Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S).

23. Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet Venus?

Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur (belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut di sanapun tidak ada pengaruhnya.

Read more...

Text

  ©Template by Dicas Blogger.