Friday, April 24, 2009

Sungai Gangga dan Isinya

Bagi yang sering nonton film India ,,
pasti nama sungai Gangga udah biasa didengar...
inilah sedikit kehidupan di sungai Gangga -India

sungai ini biasa dijadikan tempat mencuci, mandi,, dan kakus..
seperti layaknya sungai yang berada di negara berkembang pada umumnya..


namun ada sedikit perbedaan dengan negara kita dalam menggunakan sungai,,,
bagi umat Hindu di India,, ritual pembakaran mayat pun biasa
dilakukan di sisi sungai Gangga untuk kemudian dihanyutkan (larung) di sungai yang disucikan oleh mereka ini..

tapi ternyata tidak hanya itu....
ada juga mayat yang tidak dibakar terlebih dahulu...
Namun, langsung dihanyutkan begitu saja...

sehingga, kegiatan MCK pun..
harus bersamaan dengan mayat-mayat yang mengapung
diantara mereka...

dan melihat mayat mengapung disungai pun bukanlah hal yang aneh lagi..

banyak pula mayat yang terdampar di sisi sungai dan menjadi bangkai seperti ini..

ada juga yang dimakan burung

dan yang satu ini, menjadi santapan lezat para lalat...
Melihat banyak mayat yang mengapung dan mengambang diantara kegiatan mereka sehari-hari.. semoga saja mereka beristirahat dengan tenang, di sungai Gangga. Sungai yang mereka anggap suci. Dan apakah sungai ini akan tetap suci jika hal ini terus terjadi?



20 komentar:

Rie21 April 24, 2009 at 6:07 PM  

Ngeri amat artikel nya Bhan?!

Tapi menarik koq informasi nya...

widatdo April 24, 2009 at 7:45 PM  

dulu sih suci, sekarang dengan adanya pabrik buang limbah jadi kotor. sucinya sudah turun peringkat.

salam kenal.

Sastra April 24, 2009 at 7:47 PM  

Masya Allah.. Mudah2an sungai Gangga tidak bernasib sama dengan Ciliwung

Roshi April 24, 2009 at 8:00 PM  

ih...ngeri banget..., ga kebayang dech..mck bareng mayat2 bergelimpangan plus bibit penyakit dr jenazah....ih...ih...ih..amit-amit...

Able April 24, 2009 at 8:08 PM  

cara posting yang kerenn....perlu dicontoh nih....kerenn...kerennn

si kumb@ng April 24, 2009 at 8:10 PM  

kadang sisi religi memang tidak sejalan logika
nice post kawan...

sibaho way April 24, 2009 at 8:27 PM  

lha, bagaimana ngebedaian mayat korban pembunuhan yang dibuang ke sungai? aneh !

♥ sOFIa ♥ April 24, 2009 at 8:27 PM  

*tidak dapat mengungkapkan kata kata*

♥ sOFIa ♥ April 24, 2009 at 8:35 PM  

tak mampu mengungkapkan kata kata.

Tisti Rabbani April 24, 2009 at 9:06 PM  

iya yah..bukankah kata "suci" itu bermakna bersih dr segala sesuatu yg kotor...
ini kok, malah bersatu dgn bangkai (manusia lagi)...jelas2 kotor dan bau!!..

manusia berasal/ diciptakan dr segumpal tanah, selayaknya lah kembali ke tanah..
naudzubillah min dzallik...

Kurniadi Bulhani April 25, 2009 at 5:18 AM  

waduh postingnya ok nih,subhanallah,,,,amalan mereka kok merusak seperti itu. gangga sungai suci bagi mereka tetapi....ya aku mungkin maklum saja namanya juga kepercayaan mereka seperti itu....postingnya ok banget mas...keep blogging and share,smile tooo :)

Kurniadi Bulhani April 25, 2009 at 8:29 AM  

subhanallah......tidak menghargai....tapi memang udah kepercayaannya seperti itu...

vie_three April 25, 2009 at 11:03 AM  

jiyaaaaahhhhh ngeri ach.... masak di india seperti itu yak ritual penguburannya.....

kan kasian tuch si mayat digituin....

diqky April 25, 2009 at 11:10 AM  

waduh mengerikan banget tuh mayat2. apa ga mual2 tuh yang mandi disana

Sastrocaster April 26, 2009 at 9:41 PM  

ngeri banget tuh sob...katanya sungai gangga suci...nice post sobat..

Mulyati April 26, 2009 at 9:56 PM  

Informasi yang bagus mas... baru tahu nih, tapi kok ngeri ya...

budiawanhutasoit April 27, 2009 at 7:29 PM  

satu kepercayaan dan keyakinan bagi orang lain bisa menjadi hal yang 'mengerikan' bagi yang lain..spt yang ada di postingan ini.
kita harus menghormatinya.

Lina April 28, 2009 at 10:24 AM  

Ih...jorok banget ya tuh si gangga!!!
Masa mayat ama manusia di samain sih??!
Huh...

bang_taufiq April 29, 2009 at 5:39 PM  

sungai gangga????????????wah ngeri banget neh liat n bacanya....

Post a Comment

Buat Pesan

Text

  ©Template by Dicas Blogger.