Wednesday, April 1, 2009

Tragedi Tanah Datar




Berselang berapa hari dari tragedi jebolnya tanggul Situ Gintung di Ciputat, Tangerang tanggal 27 Maret 2009,bencana sudah terdengar lagi kali ini menimpa saudara kita di Kecamatan Sungai Tarap, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Air bah diduga disebabkan jebolnya dinding telaga yang menampung air di lereng Gunung Merapi bagian barat, karena tak sanggup menahan air. Akibatnya, air bah menerjang pemukiman warga di daerah aliran sungai Batang Selo yang melalui Kecamatan Sungai Tarab, Salimpaung,Tanjung Baru, Sungayang dan Padang Gantiang

Banjir bandang disertai tanah longsor dikabarkan bencana yang biasa disebut Galodo ini lebih besar dari yang pernah terjadi pada tahun 1979, berdasarkan catatan yang ada bencana galodo yang cukup besar pernah menghantam wilayah Tanah Datar pada tahun 1979. Akibat kejadian tersebut, sedikitnya 50 orang tewas mengenaskan.

Banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 03:00 WIB, disebabkan hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari terakhir mengguyur wilayah Kab. Agam dan Tanah Datar, akibatnya Sarasah --air terjun-- di lereng Gunung Merapi, meluap sehingga masuk ke sejumlah anak sungai di antaranya Batang Tabuh.

Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tanah Datar, mengatakan korban satu tewas dalam tragedi kali ini, adalah Yuliar, 68 tahun, warga Jorong Koto Panjang, Kecamatan Sungai Tarab. Ia ditemukan tewas 2 kilometer dari rumahnya yang hancur akibat air bah.

Sedikitnya 900 korban banjir bandang di Kabupaten Tanahdatar, Sumbatera Barat masih berada di tenda -tenda pengungsian karena rumah para korban rusak berat dan bahkan sembilan unit hancur terbawah arus dihantam air bah. sedangkan kerugian mencapai Rp15,3 miliar.

Diiringi doa mohon pertolongan-Nya agar bangsa ini dilepaskan dari bencana-bencana yang menimpa. Semoga Allah memperkenankan doa kita.

Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami kembali. Ya Allah, karuniakanlah pahala kepadaku dalam musibah ini, dan gantilah bagiku musibah itu dengan yang lebih baik darinya. (H.R.Imam Muslim)

13 komentar:

vie_three April 2, 2009 at 10:01 AM  

kalau baca postingan kayak gini, aq jadi ngerasa bahwa alam benar2 sudah tua dan udah mulai marah pada penghuninya..... hufz.... jadi ngerasa takut.... Semoga semua itu cepat berlalu dan tak ada lagi tangisan yg menyayat hati karena kehilangan sanak saudara....

J O N K April 2, 2009 at 3:33 PM  

aduh , ada tragedi lagi ya ...

ya ampun mudah2han ini cobaan buat indonesia, bukan tanda2 siksaan ...

♥ sOFIa ♥ April 2, 2009 at 7:39 PM  

turut bdukacita ats kehilangan snk sodara. moga mrk dkasih kkuatan dan ttp sabar

Li April 3, 2009 at 11:14 PM  

Turut berduka sob....
dibalik musibah pst ada hikmahnya...

Able April 4, 2009 at 12:17 PM  

jangan mengambil hikmah dari musibah....
tapi bertindak membantu yang terkena musibah ^^

Zaza April 4, 2009 at 1:33 PM  

Sungguh menyayat hati tragedi ini. Begitulah besarnya kuasa Yang Maha Esa. Jika Dia inginkan sesuatu, maka akan terjadilah sekelip mata. Pasti ada mesej di sebalik sesuatu yang didatangkanNya.

pencari cara sukses adsense April 4, 2009 at 3:10 PM  

Apa yang terjadi pada Indonesiaku, ada yang bisa mengasih jawaban :(

diqky April 6, 2009 at 1:36 PM  

gue turut berduka kembali atas tragedi tersebut

anna fardiana April 6, 2009 at 2:22 PM  

duh ngeri banget...
rupanya alam sudah semakin tidak kuat menahan beban yah..
manusia udah terlalu usil dan seenaknya sendiri...

bee April 7, 2009 at 3:25 PM  

waktu kejadian ini ku baru sahaja m'jejaki tanah ke jakarta (for holiday)..waduh...kasihan bangat ya sama p'duduk di situ...mintak2..segala dosa diampunkan...amin~

nanoq da kansas April 8, 2009 at 12:55 PM  

semoga mereka semua yang telah menjadi korban bencana mendapat yang damai di sisiNYA. dan kita diberi kesadaran yang semakin baik untuk menjaga harmini alam.

rizaladha.com April 8, 2009 at 5:57 PM  

semoga di beri ketahaban amin, Ya Allah tragis banget yah jadi sedih gue

-::: R-AdHa :::- April 8, 2009 at 5:59 PM  

Ya Allah moga di beri ketabahan, jadi sedih gue

Post a Comment

Buat Pesan

Text

  ©Template by Dicas Blogger.